Selasa, 12 Oktober 2010

Bantalan sentuh

Bantalan sentuh (bahasa Inggris: touchpad; trackpad) adalah peranti penunjuk berupa permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke suatu posisi relatif pada layar komputer. Peranti ini umum ditemukan pada komputer laptop, PDA, serta beberapa pemutar media portabel. Ukuran bantalan sentuh bervariasi, meskipun jarang berukuran lebih dari 40 cm².

Bantalan sentuh atau (bahasa Inggris: touchpad) beroperasi dengan menggunakan satu dari beberapa cara, beberapa di antaranya adalah kapasitif sensor dan konduktansi penginderaan. Teknologi yang paling umum digunakan pada 2010 menggunakan sebuah tatakan datar yang kapasitif terhadap sentuhan jari, atau kapasitansi antara sensor. Kapasitansi berbasis (bahasa Inggris: touchpad) tidak akan berpengaruh dengan ujung pensil atau benda lain yang serupa. Menggunakan sarung tangan juga tidak akan membuat (bahasa Inggris: trackpad) bekerja.
Jika komputer dinyalakan oleh sebuah catu daya eksternal atau (bahasa Inggris: Power Supply Unit)(PSU), konstruksi rinci PSU akan mempengaruhi efek sentuhan tatakan atau bantalan sentuh itu sendiri; (bahasa Inggris: touchpad) dapat bekerja dengan baik dengan sebuah PSU tapi belum tentu bekerja dengan yang PSU lain. Hal ini diketahui menyebabkan masalah pada (bahasa Inggris: touchpad) ketika PSU dari bawaan pabrik, yang akan telah dirancang untuk bekerja dengan touchpad, diganti dengan PSU tipe yang berbeda. Efek ini dapat diperiksa dengan menyentuh bagian logam dari komputer dengan tangan yang lain dan lihat jika operasi dipulihkan. Dalam beberapa kasus menyentuh pasokan (terisolasi) daya dengan beberapa bagian tubuh, atau menggunakan komputer di pangkuan bukan di atas meja, sambil bekerja dapat mengembalikan operasi yang benar.
Sementara (bahasa Inggris: touchpad), seperti pada (bahasa Inggris: touchscreens), dengan desain mereka dapat merasakan posisi absolut, resolusi dibatasi oleh ukuran mereka. Untuk umum digunakan sebagai perangkat penunjuk, gerakan menyeret jari atau (bahasa Inggris: drag) diterjemahkan ke dalam bentuk lebih halus, gerakan kursor di layar, analog dengan penanganan sebuah (bahasa Inggris: mouse) atau tetikus yang diangkat dan dimasukkan kembali permukaan. Hardware tombol berfungsi sama dengan standar tombol mouse kiri dan kanan di bawah, di atas atau, untuk mengurangi kedalaman bantalan dalam perangkat kompak seperti netbook, di samping bantalan.
Pada beberapa (bahasa Inggris: touchpad), perangkat software menekan bantalan dapat ditafsirkan sebagai klik, dan tekan diikuti dengan gerakan menunjuk kontinyu (sebuah "klik-dan-setengah") dapat digunakan untuk menyeret.[1] Driver (bahasa Inggris: touchpad) dapat juga memungkinkan penggunaan beberapa jari untuk memfasilitasi tombol mouse lain (biasanya dua-jari menekan untuk tombol tengah).
Beberapa touchpad memiliki "hotspot", lokasi di touchpad yang digunakan untuk fungsionalitas luar (bahasa Inggris: mouse). Sebagai contoh, pada (bahasa Inggris: touchpad) tertentu, menggerakkan jari sepanjang tepi dari panel sentuh akan bertindak sebagai gulir roda atau (bahasa Inggris: scroll), mengendalikan (bahasa Inggris: scrollbar) dan menggulir jendela secara vertikal maupun horizontal. Apple menggunakan dua-jari menyeret atau (bahasa Inggris: drag) untuk Scrolling di atas (bahasa Inggris: trackpad) bergulir mereka. Beberapa driver (bahasa Inggris: touchpad) mendukung fasilitas zona tekan, daerah di mana kursor akan melaksanakan fungsinya, misalnya, memberhentikan media player atau menjalankan aplikasi (bahasa Inggris: software). Semua fungsi-fungsi ini dilaksanakan dalam driver perangkat bantalan sentuh, dan dapat dinonaktifkan.

0 komentar:

Posting Komentar