Jumat, 22 Oktober 2010

Honda New Mega Pro Lebih Irit

Tangguh dan Hemat bahan bakar, itulah ungkapan yang layak diberikan untuk motor New Honda Mega Pro.  Hanya dengan bensin 8 liter saja, motor pabrikan PT. Astra Honda Motor (AHM) ini, bisa menempuh jarak 500 KM antara Manado Gorontalo.

Ketangguhan dan Hemat  motor ini terbukti dari hasil Touring Uji Ketangguhan new Honda Mega Pro yang dilaksanakan oleh PT. Daya Adira Wisesa (DAW) sebagai Main Dealer Resmi Honda.


Sebanyak 16 Rider dari tiga Club Motor seperti Manado Tiger Club, Honda Mega Pro Club Gorontalo, Blade Rider Community dan Honda Matic Community, diberi kesempatan mencoba ketanguhan New Honda Mega Pro yang bertenaga 150 cc  4 tak SOHC 5 speed ini.

Pihak  DAW menyediakan enam belas unit dengan warna mera, hitam, silver da biru, terdiri dari empat belas cast wheel (pelek palang) dan dua jari-jari. Beruntung Tribun Manado diberikan kesempatan untuk mencoba New Mega Pro pelek palang double cakram.

Perjalanan Touring dimulai Jumat, (14/10/2010) pukul 10.00 Wita, mengambi start dari depan kantor PT. Daya Adira Wisesa di kawasana Mega Mas Manado. Sebelum finis di kota Gorontalo, peserta touring sempat singgah dibeberapa titik istirahat seperti di Amurang, Kotamobagu, Lolak Bintauna, Kwandang dan Limboto.

Seluruh peserta sebelum melaksanakan touring wajib menggunakan  jacket, sarung tangan, sepatu, protector kaki dan tangan serta helm untuk kenyamanan, karena DAW juga merupakan pelopor Safety Riding. Selama pejalanan Touring, mendapatkan pengawalan dari pihak Dit Lantas Polda Sulut.

Saat Tribun Manado moncoba kehebatan New Mega Pro, sewaktu duduk di atas sepedamotor, posisi pengendara memegang stang terasa nyaman  atau  egronomis. Jalur yang ditempuh mempunyai tantangan berbeda-beda, karena kondisi jalan tidak sama, ada yang lurus, sebagian rusak, berliku dan bertanjakan.

Gairah mesin sepeda motor dengan tema street fighter ini agresif, tarikan pada putaran bawah mantap, pengendalian baik. Stabilitas saat bermanufer di tikungan pada kecepatan 40-50 Km/jam meski sesekali harus miring 45 derajat termasuk baik. Seperti di daerah Maelang kondisi jalan berliku dan bertanjakan, namun New Mega Pro tetap stabil dan bertenaga pada kecepatan 60 KM/jam dengan posisi porsneling 4.

Saat peserta Touring meniggalkan kota Kotamobagu, cuaca sempat hujan, namun cuaca itu tidak melunturkan semangat peserta untuk melanjutkan perjalanan.  Beberapa medan jalan yang dilewati tidak mulus, namun sepedamotor ini tetap stabil karena didukung suspensi mono shock atau peredam kejut dari belakang.

Sebelum berangkat dari kota Manado, tangki BBM diisi dengan bensin sebannyak 11 liter, sampai di Kota Gorontalo sisa bensin dalam tangki kurang lebih sebanyak 2 liter, jika dihitung-hitung  jarak tempuh Touring Manado Gorontalo sekitar 500 KM, dibagi jarak dan Kilometer sepedamotor ini mengahabiskan bahan bakar 1 liter untuk jarak 61 KM. Berarti untuk jarak 500 Km Sepedamotor ini menghabiskan kurang lebih 8 Liter BBM, dengan harga Rp 36000, sangat hemat!.

Pukul  22.00 Wita, seluruh peserta touring tiba di kota Gorontalo, kondisi sepeda motor baik, rantai gear tidak kendor, akselerasi tetap stabil. Begitu tiba panitia langsung mengganti oli semua sepedamotor, ini untuk menjaga agar keadaan mesin tetap baik. Keesokan hariya, Sabtu (16/10) sekitar pukul 14.00 Wita, Peserta Touring sempat mengelilingi kota Gorontalo untuk memperkenalkan pada masyarakat Honda New Mega Pro.

Marketing Promosi PT. DAW, Erik Winata Sugiarto mengatakan maksud dan tujuan diadakan touring ini untuk mengetahui seberapa kekuatan Honda New Mega Pro.

“Kami melaksanakan touring ini untuk menguji ketangguhan dan ketahanan New Mega Pro, Kami minta kesan dari seluruh peserta saat mencoba sepdamotor dengan jarak 500 Km. Baik dan buruk kami terima sebagai sarana kritik pengembangan kedepan nanti,” ujarnya.

Lanjut Erik, Touring seperti  ini sudah dilaksanakan di daerah Jawa. Pihaknya memilih Gorontalo, karena selain jarak yang pas untuk mencoba ketangghuhan sepedamotor di Gorontalo juga digelar acara Honda Fiesta. “Setelah uji coba, Sepada Motor ini diharapkan bisa bersaing dengan sepedamotor Sport lainnya, kata Erik.

Berikut Testimoni beberapa Rider setelah mencoba Honda New Mega Pro dari Manado ke Gorontalo. “Saya biasa membawa Honda tiger, namun New Mega Pro ini tidak kalah tandingannya, posisi berkendaranya nyaman, dibanding model lama sepedamotor ini lebih responsif, yang penting juga  saat berkendara harus mengutamakan keselamatan,” ujar Taufik Iqsan, Koordinator Touring.

“Saat ditikungan Sepedamotor ini akselerasinya  bagus,  modelnya juga patut diperhitungkan dengan tampilan mono shock, saat berkendara terasa nyaman karena riding posisinya pas, perpindahan transmisinya sangat halus, saya harap Honda juga mengeluarkan seri isi silinder CC yang lebih besar seperti Honda Tiger, untuk lebih memaksimalkan tenaga,” kata Robby Kaparang, peserta dari Manado Tiger Club.

Kesimpulannya, New Moga Pro menawarkan sepadamotor dengan kemampuan mumpuni baik dalam kota maupun touring,  terutama bagi anda yang menginginkan keseimbangan antara kenyamanan bergaya touring dengan ketangguhan street fighter.

0 komentar:

Posting Komentar